Menetapkan Tujuan Membuat Website

Menetapkan Tujuan Membuat Website >>  Menentukan tujuan Membuat Website adalah yang pertama kali harus dilakukan sebelum merancangbangun sebuah website atau blog. Hendaknya kita menentukan tujuan yang jelas sebelum membuat situs, apakah situs yang akan dibuat akan digunakan untuk mempromosikan produk ?,  atau  agar nama anda lebih terkenal ? atau untuk tujuan-tujuan lain. Dengan mempunyai  tujuan yang jelas, maka secara otomatis  kita telah mempunyai gool yang jelas, sehingga dalam menentukan materi konten yang akan diterbitkannya atau dibuat, bahkan kita pun akan mengetahui apa saja halaman atau page yang dibuat untuk memenuhi tujuan website tersebut.

Seperti kita pahami bahwa Website  merupakan sarana Informasi  yang ditampilkan oleh pembuat website baik itu perorangan, perusahaan, atau organisasi. Karenanya website berfungsi sebagai sarana komunikasi antara blogger/pembuat blogg dengan pengunjung website.  Ide-ide yang ada pada blogger dapat disampaikan kepada msyarakat melalui web/blogg.

Diantara para blogger  sebagian diantaranya ada  yang membuat website/blog sekedar hanya creatifitas, tidak diperuntukan untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu, ataupun menyampaikan informasi projek tertentu, tetapi semata hanya membuat website sekedar kreatifitas belaka, atau demi hanya untuk membuat situs belaka (creating site for the sake of creating site). situs semacam ini tidak diperuntukan guna mendapatkan uang, bahkan tidak juga untuk memperkenalkan brand mereka. Artinya situs semacam ini  tidak ada gunanya. Membuat website semacam ini tidak mempunyai target apapun, baik target pengunjung diperuntukan untuk siapa, kalangan mana, dan sebagainya.

Di Zaman yang serba canggih ini memiliki website adalah sesuatu yang harus dilakukan  terutama bagi anda yang gemar dengan dunia jurnalis atau tulis menulis. Maka tidak heran kalau saja kini jumlah website yang malang melintang di dunia online menjacai 650 juta. Keadaan ini akan terus bertambah seiring dengan perkembangan tehnologi aplikasi untuk pembuatan website.

Tentu dalam membuat atau membangun website akan sangat beragam dalam menentukan tujuan membangun website. Tanpa tujuan yang jelas dalam membuat website, maka website kita hanya akan menjadi laman-laman yang berseberan di dunia maya, tanpa memberikan manfaat bagi para pengguna.

Memang membuat blog semacam itu sah-sah saja, namun hal ini hendaklah dihindari. Jika anda mempunyai passion kreatifitas ngeblog, menentukan tujuan  membuat website atau blog adalah jauh lebih baik dan akan terarah.

Ada beberapa elemen atau unsur yang dapat anda lakukan guna membantu menentukan atau menetapkan tujuan membuat website yakni :

Menentukan target. Dalam menentukan tujuan yang jelas dalam membangun website atau blog, kita hendaknya menghubungkan dengan target yang akan kita capai. Kalangan mana yang menjadi target kita? Dengan memiliki target yang jelas, maka kita akan memiliki gambaran yang jelas tentang tujuan yang akan dicapai dalam membangun website.

Menentukan strategi. Langkah berikutnya setelah menentukan target, maka hendaknya menentukan strategi yang akan digunakan untuk meraih target, sehingga tidak meleset dalam menentukan tujuan membuat website atau blog. Perlu dipahami bahwa digunakan mutlak berhasil dengan sempurna. Untuk itu hendaknya anda evaluasi terhadap strategi dengan menentukan niche yang tepat.

Menentukan tujuan membuat website hendaknya bersifat spesicik. Dengan menentukan tujuan secara spesifik dalam membuat website maka akan meudahkan anda dalam menentukan target.
Ada banyak motifasi orang dalam  menetapkan tujuan  membuat website atau blog, namun secara umum dapat dikelompokan menjadi 5 kelompok yaitu :

1.  Menyediakan suatu informasi atau berita

Blog semacam ini dirancang untuk menampilkan berbagai informasi yang berkaitan dengan suatu peristiwa yang terjadi, baik berkaitan dengan politik, keamanan, bisnis, ataupun hal-hal yang terjadi di lingkungan publik pigur Contok blog semacam ini adalah detik.com, Kompas.com, dan banyak situs berita lainnya.

2.  Sarana menjual produk atau jasa

Banyak orang membuat web atau blog sebagai sarana menjual produk atau jasa baik milik sendiri maupun milik orang lain. Dalam blog semacam ini harus dilengkapi dengan Sidebar yang berisikan tentang cara pemesanan atau order, terdapat kontak yang mudah dihubungi atau hal-hal yang lain yang sangat diperlukan dalam transaksi dengan pembeli.

3. Media beriklan

Jenis website atau blog lainnya adalah Media Iklan. Website semacam ini di rancang untuk beriklan, atau menawarkan produk tertentu, juga dapat dilakukan untuk mempromosikan sebuah perusahaan, atau lembaga atau badan hukum.

Dengan menjadikan website sebagai media iklan artinya bertujuan agar bisnis dikenal oleh pangsa pasar tertarget.  Disini kita hendaknya lebih spesifik dalam memasarkan bisnis di kalangan tertentu, sehingga apa yang kita lakukan akan mendapatkan hasil maksimal.

4. Media Pengetahuan

Seperti kita pahami bahwa website merupakan sarana informasi yang berkaitan dengan segala sessuatu baik ilmu pengetahun, gaya hidup, atau bahkan hiburan. Dari sudut ini website mempunyai fungsi sebagai sumber ilmu yang akan mempengaruhi sikap budaya suatu masyarakat.

5. Media Catatan Pribadi

Website atau blog dapat  juga merupakan media untuk menampilkan pengalaman-pengalaman pribadi yang layak dan dapat dijadikan acuan bagi pengunjung dalam menyikapi suatu masalah. Dalam hal ini jelas bahwa website berfungsi sebagai media catatan pribadi. Tentunya dalam hal ini menyangkut  cacatan pribadi yang berhubungan dengan pengalaman yang layak disampaikan.

Baca Artikel :


Demikian artikel sederhana tentang Menetapkan Tujuan Membuat Website , semoga memberi manfaat bagi anda


Previous
Next Post »