Membuat Toko online di blogspot



Membuat Toko Online di Blogspot >>  Untuk memulai bisnis online rasanya perlu membangun toko online dengan platform blogger yang terkenal dengan layanan gratis, tanpa anda harus membeli domain dan hosting. Bagi para pemula yang masih terbatas permodalan maka membuka toko online dengan platform blogger merupakan solusi yang sangat tepat. Banyak kemudahan yang anda dapatkan dengan menggunakan layanan blogger milik google ini.

Untuk membuat toko online sangatlah mudah, tidak sesulit yang dibayangkan. Anda cukup mendaftarkan diri di akunt google, maka secara otomatis anda akan mempunyai layanan membuat blogger, kemudian anda upload template gratis maka anda telah memiliki toko online yang siap memasarkan produk anda.

Harus dipahami bahwa untuk melakukan bisnis online, keberadaan toko online dipandang sangatlah perlu keberanaannya. Walaupun untuk memasarkan produk baik milik sendiri maupun milik orang lain, kini banyak dijuampai hanya dengan menggunakan media sosial seperti facebook.

Untuk tahap awal pemasaran secamam itu tidaklah mengapa, namun untuk jangka waktu yang panjang keberadaan toko online adalah jawabannnya. Ada banyak keuntungan yang didapat dengan mempunyai toko online dibanding hanya melakukan pemasaran lewan sosmed.

Untuk membuat website atau blog termasuk di dalamnya toko online dapat dilakukan dengan cara  menggunakan layanan platform berbayar dan dapat juga menggunakan layanan gratisan. Untuk layanan berbayar, domain dan hosting menjadi milik pribadi dan anda mempunyai hak akses yang penuh. (baca artikel Tips memilih domain untuk situs anda)

Salah satu layanan gratis untuk membuat  toko online adalah di blogspot.com. blogspot adalah layanan milik google sebagai media kratifitas untuk membuat website atau blog. Unuk membuat toko online tentu merupakan salah satu alternatif yang dapat anda gunakan untuk mengembangkan bisnis online anda.

Keuntungan menggunakan layanan blogspot

1. Gratis domain dan hosting

Blogger menyediakan layanan domain dan hosting gratis. Anda dapat memilih nama domain sesuai dengan yang anda kehendaki dan masih mempunyai ketersediaan. Hanya diakhir nama domain yang anda pilih harus mempunyai akhiran blogspot.com

2. Mudah untuk digunakan oleh pemula

Layana  blogger dan filtur yang disediakan sangat mudah digunakan walaupun oleh pemula sekalipun.

3. Mudah untuk melakukan customisasi

Bagi anda yang tidak mengerti bahasa pemograman anda dapat dengan mudah untuk membuat tampilan blogger lebih baik.

4. Dimiliki oleh Google

Blogger adalah milik  Google sehingga secara otomtis akan diberikan kemudahan dalam SEO dan layanan lain yang berhubungan dengan you tube dan adsense.

5. Bebas digunakan untuk pribadi dan bisnis

Layanan blogger ini memberikan akses penuh kepada pelanggunanya untuk membuat website atau blog baik untuk kepentingan bisnis ataupun lainnya.  Blogger memberi kebebasan dalam menaruh iklan dan  juga anda dapat menyertakan website atau situs anda dalam program Google Adsense.

Kekurangan

1. Nama domain berakhiran blogspot.com

Sebagai layanan gratis tentunya untuk memilih domain tidaklah dapat memilihnya sesuka hati, melainkan dibelakang domain yang anda piih harus berakhiran blogspot.com.

2. Tidak bisa menambah fitur lain

Filtur yang disediakan oleh blogger adalah sangat memunyai keterbatasan, anda tidak dapat menggunakan filtur atau menambahkan filtur sesuka hati.

Langkah membuat toko onine di Blogsppot

1. Mentukan produk yang akan dijual

Sebelum anda melakukan pemasaran lewat toko online  anda harus mempunyai produk, baik itu produk sendiri maupun produk milik orang lain dengan cara mengikuti program affiliasi/reseller atau dropshiping (untuk lebih lengkapnya anda dapat membaca Mengenal pemasaran sistem dropshiping dan artikel terkait lainnya Mengenal affilisi)

2. Mempersiapkan foto produk.

Sebelum anda memulai membuat toko online maka hendaknya anda mempersiapkan foto-foto yang berkaitan dengan produk yang akan dijual. Usahakan anda mempersiapkan foto dengan kwalitas yang tinggi, agar menarik pengunjung dan dapat melihat produk dengan detail.

3. Daftar akun Gmail

Silahkan  kunjungi www.blogger.com dan  isilah  data-data yang diperlukan pada formulir yang di sediakan. Dengan memiliki akun di blogger maka secara otomatis anda memiliki akun Gmail dan sekaligus anda dapat mempunyai akses untuk membuat blog.

Anda hendaknya membuat satu blog yang kelak dapat diubah menjadi toko online.

4. Persiapkan themplate yang suda didownload

Untuk menginstal templet anda tinggal klik cadangkan/pulihkan di pojok kanan atas, berikutnya anda klik pilih file > silahkan pilih file dengan format template yang sudah  diextrack. Klik untuk upload dan tunggu sampai proses upload selesai.

Kemudian anda mengatur beberapa widget yang diperlukan, yang terdapat disebelah kanan atau kiri konten.

5. Lengkapi dengan Informasi yang dibutuhkan

Untuk melengkapi informasi  yang dibutuhkan maka anda perlu memberikan informasi cara pembayaran, Bank yang dituju, cara konfirmaasi,  anda  mengatur beberapa widget  yang terdapat disebelah kanan atau kiri konten.Sampai pada tahapan ini saya yakin anda sudah dapat memahami bagian-bagian mana yang harus disempurnakan.

Demikian Cara membuat Toko online dengan menggunakan blogspot, jika anda berkenan menambahkan atau ada pertanyaan anda dapat mengisinya dalam kolom komentar.

Previous
Next Post »