Mengenal Website Bagi Pemula


Mengenal Website Bagi Pemula >>  Apa yang dimaksud dengan  website ? Menurut Wikipedia Situs web atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan : website adalah suatu halaman web yang saling berhubungan yang umumnya berada pada peladen yang sama berisikan kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Sebuah situs web biasanya ditempatkan setidaknya pada sebuah server web yang dapat diakses melalui jaringan seperti Internet, ataupun jaringan wilayah lokal (LAN) melalui alamat Internet yang dikenali sebagai URL.

Dilihat dari segi fungsinya website ada 3 jenis yaitu :

1. Website Statis yaitu website yang mempunyai halaman yang tidak berubah atau statis. Jika hendak melakukan suatu perbaikan atau up date maka hanya bisa dilakukan secara manual yitu dengan cara mengedit kode-kode yang menjadi struktur dari website itu sendiri.

2. Website Dinamis yaitu website strukturnya mengharuskan untuk di up date setiap saat. Hal ini dilakukan karena memang berhubungan dengan pengguna, seperti website atau situs berita.

3. Website Interaktif yaitu website yang mempunyai fungsi sarana interaktif, untuk berbagi pengalaman atau share tentang segala hal yang menjadi topik pembahasan.

Menetapkan Tujuan Membuat Website

Hal pertama kali yang harus dilakukan sebelum merancangbangun sebuah website atau blog, adalah menetapkan tujuan website, karena dengan cara ini website yang kita bangun mempunyai misi yang jelas.

Website merupakan sarana Informasi yang ditampilkan oleh pembuat website baik itu perorangan, perusahaan, atau organisasi. Karenanya website berfungsi sebagai sarana komunikasi antara blogger/pembuat blogg dengan pengunjung website. Ide-ide yang ada pada blogger dapat disampaikan kepada msyarakat melalui website.

Diantara para blogger ada yang membuat website/blog sekedar hanya creatifitas, tidak diperuntukan untuk mempromosikan produk atau jasa tertentu, ataupun menyampaikan informasi projek tertentu, tetapi semata hanya membuat website sekedar kreatifitas belaka. Membuat website semacam ini tidak mempunyai target apapun, baik target pengunjung diperuntukan untuk siapa, kalangan mana, dan sebagainya.

Memang membuat blog semacam itu sah-sah saja, namun hal ini hendaklah dihindari. Jika anda mempunyai passion kreatifitas ngeblog, menentukan tujuan membuat website atau blog adalah jauh lebih baik dan akan terarah.

Ada banyak motivasi orang dalam menetapkan tujuan membuat website atau blog, namun secara umum dapat dikelompokan menjadi 5 kelompok yaitu :

1. Menyediakan suatu informasi atau berita

Blog semacam ini dirancang untuk menampilkan berbagai informasi yang berkaitan dengan suatu peristiwa yang terjadi, baik berkaitan dengan politik, keamanan, bisnis, ataupun hal-hal yang terjadi di lingkungan publik pigur Contok blog semacam ini adalahdetik.com, Kompas.com, dan banyak situs berita lainnya.

2. Sarana menjual produk atau jasa

Banyak orang membuat web atau blog sebagai sarana menjual produk atau jasa baik milik sendiri maupun milik orang lain. Dalam blog semacam ini harus dilengkapi dengan Sidebar yang berisikan tentang cara pemesanan atau order, terdapat kontak yang mudah dihubungi atau hal-hal yang lain yang sangat diperlukan dalam transaksi dengan pembeli.

3. Media beriklan

Jenis website atau blog lainnya adalah Media Iklan. Website semacam ini di rancang untuk beriklan, atau menawarkan produk tertentu, juga dapat dilakukan untuk mempromosikan sebuah perusahaan, atau lembaga atau badan hukum.

4. Media Pengetahuan

Seperti kita pahami bahwa website merupakan sarana informasi yang berkaitan dengan segala sessuatu baik ilmu pengetahun, gaya hidup, atau bahkan hiburan. Dari sudut ini website mempunyai fungsi sebagai sumber ilmu yang akan mempengaruhi sikap budaya suatu masyarakat.

5. Media Catatan Pribadi

Website atau blog dapat juga merupakan media untuk menampilkan pengalaman-pengalaman pribadi yang layak dan dapat dijadikan acuan bagi pengunjung dalam menyikapi suatu masalah. Dalam hal ini jelas bahwa website berfungsi sebagai media catatan pribadi. Tentunya dalam hal ini menyangkut cacatan pribadi yang berhubungan dengan pengalaman yang layak disampaikan.

Baca artikel terkait :


Demikianlah artikel tentang Mengenal Website Bagi Pemula, semoga memberikan wawasan bagi anda dalam menekuni bisnis online
Previous
Next Post »