Menentukan Niche untuk Blog



Menentukan  Niche untuk Blog  >> Membangun blog merupakan sarana kreatifitas yang sangat mengasyikkan. Potensi kreatifitas anda seribu persen dapat anda ungkapkan dalam blog. Mulai dari gaya yang resmi sampai gaya kocak dapat diekspressikan lewat kegiatan blogging.
 yang akan anda bangun artinya anda menunjukan  tingkat kreadibilitas dan keprofesionalisme blog anda.Namun walau demikian anda tetap dituntut untuk menentukan niche blog yang anda bangun,  atau lebih populernya menentukan Topik yang akan di bahas dalam blog anda. Dengan menentukan niche blog

Apa yang dimaksud Niche ?

Niche blog secara sederhana dapat dipahami melakukan aktifitas blogging atau membangun blog yang secara khusus membahas topik tertentu atau spesifik yang diperuntukan untuk para pengguna dari kalangan spesifik tertentu pula.

Oleh karenanya tidak dapat dibantah bahwa jika anda fokus membahas satu topik tertentu maka anda akan menjadi pemenang pada serp engine, dan akan sulit bagi para pesaing pada serp engine untuk menaklukan situs anda.

Hal lain yang menguntungkan bagi blog niche adalah dalam hal trafik, dimana trafik niche blog akan bertahan atau stabil walaupun jarang melakukan update karena market untuk niche blog bukanlah masyarakat umum, tetapi spesifik yang khusus mempunyai komunitas tertentu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas komunitas, sehingga komunitas yang mereka bangun semakin eksis.

Dapat dikatakan juga bahwa Niche blogging adalah tindakan membuat web atau blog dengan maksud tujuan  untuk memasarkan produk atau jasa ke pasar tertentu. Artinya bahwa niche blogging mempunyai target pengunjung blog tertentu yang sesuai dengan topik bahasan blog yang kita kupas.

Sebaliknya dari niche blog adalah blog gado-gado atau blog dengan beragam topik. Biasanya blog jenis gado-gado ini lebih bersifat blog pribadi atau personal yang mempunyai topik beragam mulai dari aktifitas yang berlangsung sehari-hari seperti catatan pribadi, pengamatan tentang segala hal baik gosip, artis hingga masalah yang berkaitan dengan keagamaan dan politik.

Namun hal yang perlu diperhatikan bahwa telah banyak fakta bahwa niche blog dengan pembahasan satu topik justru lebih eksist dan lebih berpeluang untuk populer ketimbang blog gado-gado.

Kecuali itu dengan menentukan niche blog maka anda akan mudah untuk menentukan target pembaca yang jelas, kebutuhan informasi bagi pengunjung setia blog anda, dan yang lebih penting anda sedang membangun trus untuk target market anda.

Anda telah mengetahui bukan bahwa target pasar untuk suatu produk sangat terukur, dengan demikian niche blog yang anda bangun ditujukan bagi pangsa pasar khusus atau spesifik.

Ada beberapa jenis niche blog yang dapat anda pilih  yang sekarang sangat populer :

1. Bisnis Online

2. Fotografi

3.  Kesehatan

4. Widgets

5. Travel

6. Belajar Bahasa

7. Internet Marketing  dsb.

Keuntungan Niche Blog

Niche blog sangat disukai oleh mesin pencari google / search engne, karena mempunyai relevansi dengan pemcarian para user yang mencarinya di google. dengan relevansi dan ketepatan artikel dalam pembahsan satu topik sangat mudah ditemukan oleh mesin pencaria google. Sehingga tidak aneh niche blog sangat mapan dalam rank SERFKecuali itu, niche blog sangat disukai oleh advertiser yang pada akhirnya  sangat menguntungkan pemilik website atau blog untuk memonetize blog dan mendaftarkan diri ke google adsense dan dapat mendapatkan penghasilan memalui PPC
Membangun Trus atau kepercayaan.

Dengan memulai niche untuk blog anda dan anda secara continue melakukan update, maka secara otomatis akan terbangun komunitas yang disadari atau tidak akan terbangun trus atau kepercayaan dilingkungan pengunjung setia anda. Apalagi seandainya anda melibatkan mereka dalam kolom forum diskusi atau mengundang menjadi tamu blogging untuk menampilkan postingan mereka. Dengan demikian maka pengunjung blog akan secara rutin hadir di blog anda, karena mereka haus dengan informasi dari anda, bahkan mereka selalu menunggu postingan-postingan terbaru. Mereka ingin menjadi bagian dari  Anda dan komunitas anda agar dapat menyelesikan berbagai persoalan yang mereka hadapi.

Membangun Profesioalisme. Dengan memulai secara rutin niche blog anda, maka secara bertahap anda akan menjadi ahli pada bidang yang anda tentukan. Anda akan menjdi profesionnalisme, postingan-postingan anda semakin berkualitas dan anda akan mendapatkan kepercayaan yang luar biasa dari pengunjung blog anda.

Menarik Pemasang Iklan. Dengan melakukan niche blogging, maka kesempatan  peluang Anda menarik minat pemasang iklan atau mendapatkan uang lewat PPC semakin terbuka lebar. Dengan memiliki pengunjung yang setia, maka akan muncul para pengusaha untuk memasang iklan di blog anda.

  1. Memiliki Pembaca Setia
  2. Membangun Komunitas yang kuat
  3. Menjadi Spesialis atau ahli pada niche blog yang dipilihnya
  4. Membangun Kredibilitas dan Brand
  5. SEO Friendly

Kelemahan Niche Blog

Niche blog memang menuntut keprofesionalisme dalam pengelolaannya, bagi admin sangat dituntut untuk terus mengembangan niche yang di pilihnya, jika tidak maka anda akan kesulitan dalam mencari idea yang berhubungan update postingan. Tidak sedikit niche blogging yang pengelola niche blog stagnase sehingga pada akhirnya ditingalkan oleh uer.

Unuk itu dalam membuat niche bloh hendaknya yang berhubungan dengan hoby sehingga kita akan mampu mengungkap dengan sempurna dari berbagai sisi tentang niche yang di pilih. Jangan memilih niche blog hanya karena ikut-ikutan atau mengikuti trend sementara pasar, karena akan menyulitkan kita sendiri dalam mengelola niche blog.

Baca Selengkapnya :

Demikianlah postingan tentang menentukan niche untuk blog, semoga memberikan manfaat bagi kita semua.

Previous
Next Post »