Tips investasi Saham Agar Aman


Tips investasi Saham Agar Aman >> Di zaman yang sudah sangat modern, investasi adalah merupakan salah satu pilihan yang banyak diincar oleh para pemilik modal. Dibanding dengan menyimpan sejumlah uang tunai, maka pilihan investasi adalah pilihan terbaik yang layak dijalani. Dengan memalulan investasi, disamping sebagai suatu untuk mengamankan dana tunai, juga digunakan untuk mendapatkan income. Walaupun dalam hasil yang didapatkan tentu relatif kecil dibanding dengan mengelolanya dalam berbisnis, investasi masih merupakan alternatif bagi mereka yang mempunyai status sebagai pegawai.

Hari ini banyak bertebaran jenis investasi yang menawarkan beragam pendapatan yang terkadang di luar logika, seperti dengan bunga yang  sangat tinggi, ataupun menawarkan cara-cara untuk cepat kaya dengan berinvestasi, yang semuanya akan membuat calon investor tergiur tanpa pikir panjang melakukan closing, padahal dia sindiri secara sistem yang dijalankan belum memahami secara detil tentang jenis inventasi yang diminatinya.

Dalam Buku 20 Usaha Sampingan Sambil Ngantor, Yani suryani memberikan tips berinvestasi yang aman dan menguntungkan, yang dikutip oleh situs Okezone. memaparkan bahwa  investasi merupakan usaha sampingan dalam berinvestasi di bursa mempunyai resiko yang sangat besar, jika dilakukan hanya dalam jangka waktu yang pendek. Oleh karenanya untuk lebih aman dan lebih menguntungkan maka hendaknya memilik jangka waktu yang lebih panjang yakni antara 6-12 bulan.
images (5)
Ada beberapa kiat yang dapat dilakukan agar aman dalam usaha sampingan berbentuk investasi ini, di antaranya adalah:

1. Jika ingin berinvestasi dalam bentuk saham kenali terlebih dahulu saham perusahaan yang akan dibelidan bisnis apa yang dijalankan perusahaan tersebut. Semakin banyak infromasi yang didapatkan, semakin banyak pula pertimbangan yang menentukan keputusan berinvestasi.

2. Berpikirlah seperti seorang pengusaha yang rasional, logis dan realistis. Pertimbangkan selalu untung, rugi dan resiko yang dihadapi.

3. Walaupun saham suatu perusahaan sedang dalam posisi murah, jangan terlalu terburu-buru untuk membelinya. Harus diingat, saham suatu perusahaan yang sedang dalam keadaan murah biasanya mengindikasikan bahwa perusahaan tersebut sedang bermasalah.

4. Jangan tergesa-gesa dalam berinvestasi karena peluang investasi terbaik tidak selalu tersedia sepanjang waktu.

5. Ketika Anda sudah terjun dalam bisnis ini, jangan hanya diam karena bursa tidak memberi jaminan bahwa investasi Anda akan selalu naik.
6. Jangan terlambat untuk memulai, terlambat berarti melakukan kesalahan karena Anda akan kehilangan kesempatan. Semakin awal memulai semakin baik.

7. Jangan terlalu berspekulasi. Walaupun Anda orang yang termasuk super-berani, sebaiknya Anda tidak menempatkan semua uang Anda pada satu investasi yang sangat spekulatif.

8. Jangan terlalu sering bertransaksi. Investor yang terlalu sering bertransaksi sering terjebak pada kondisi psikologis pasar sehingga terkadang membeli ketika harga mahal dan menjual ketika harga murah. Selain itu, investor juga akan terbebani biaya bertransaksi.

9. Untuk berinvestasi dengan aman, sebaiknya Anda menginvestasikan uang Anda pada berbagai macam investasi pada kurun waktu setahun pertama yang kemudian dapat dilanjutkan dengan investasi dalam jangka panjang, misalkan dalam waktu 5-10 tahun. Hal ini dilakukan karena semakin lama investasi, semakin minim risiko kerugiannya.

10. Ihwal jenis investasi apa yang akan Anda pilih, bergantung pada di pasar/bursa mana Anda akan bermain.

11. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi, Anda harus belajar terlebih dahulu cara mengelola keuangan pribadi dan bagaimana menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran. ( Okezone)

Disamping itu, jika anda belum memiliki pilihan untuk berinvestasi, maka anda pun dapat melakukan investasi yang sangat aman dan menguntungkan dengan cara berinvestasi pada properti seperti membeli rumah untuk disewakan, membeli logam mulia, bisnis franchishe yang mempunyai pasif income seperti alfamart, ataupun yang lainnya, ataupun anda dapat berinvestasi pada reksadana.

Baca artikel terkait :



Demikianlah artikel tentang Tips investasi Saham Agar Aman, semoga memberikan manfaat bagi anda semua. Terima kasih atas kunjungannya.
Previous
Next Post »