Tips Memulai Membuka Usaha



Tips Memulai membuka Usaha >>  Diakui atau tidak sesungguhnya kebutuhan manusia semakin hari semakin bertambah, apalagi seiring dengan bertambahnya anggota keluarga yakni anak, dan tuntutan kebutuhan yang terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman. Pernahkah anda berfikir bagaimana dengan kebutuhan pada lima tahun kedepan? atau sepuluh tahun kedepan?

Tentu semua orang sepakat bahwa kebutuhan kehidupan semakin hari semakin bertambah dan terus bertambah, harga bahan pokok semakin hari semakin naik, sementara pendapatan cenderung stagnase.

Melihat kondisi semcam ini, mau tidak mau kita harus memutar otak untuk mencari sumber pendapatan baru yang lebih baik, untuk memenuhi kebutuhan hidup yang terus berkembang, yakni dengan cara membuka usaha. Harus diakui bahwa untuk memulai usaha baru membutuhkan persiapan baik mental maupun modal.

Semua orang  untuk memulai sesuatu yang baru seringkali ragu-ragu untuk melangkah, banyaknya pertimbangan terkadang justeru menjadi kendala dalam memulai usaha. Dipikir siang malam tanpa henti, ujung-ujungnya tidak memulai, karena adanya usaha jenis baru yang muncul dibenaknya. Modal yang sudah diperiapkan akhirnya habis digunakan keperluan, begitulah seterusnya. Ketakutan dan kekhawatiran akan kagagalan sebenarnya wajar terjadi, namun kalau hal tersebut menjadi kendala seseorang untuk memulai usaha, hal ini justeru merupakan kegagalan yang sesungguhnya.



Untuk memulai membuka usaha hendaknya tentukan alasan, tujuan, dan model usaha yang akan dilajaninya, Milikilah alasan yang kuat kenapa Anda ingin membuka dan memulai menjalankan bisnis dan usaha sendiri. Pastikan alasan tersebut merupakan tujuan jangka panjang dan bukan alasan sesaat.

Oleh karena itu  untuk memulai usaha hendaklah berangkat dari yang apa dapat kita lakukan, tak perlu menunggu  layaknya usaha yang sudah berjalan bertahun-tahun. Kecuali memang keadaan permodalan yang besar, dengan dukungan sumber daya yang cukup,  maka anda bisa untuk memulai dengan sebagaimana yang dikehendakinya atau direncanakannya.

Ada beberapa tips untuk memulai membuka usaha bgi pemula yakni :

1. Persiapan Mental.

Sebelum memulai membuka usaha, hal yang pertama kali harus dipersiapkan adalah mental. Hendaknya hadirkan mental pengusaha, mental poduktifitas mental untuk menghasilkan. Buang jauh-jauh mental konsumtif, mental bersenang-senang dengan uang yang ada. Untuk memulai membuka usaha hendaknya didasari dengan modal optimisme, ide usaha, ketekunan dan kerja keras. Untuk membuka usaha itu tidak dapat dilakukan dengan instant, ibarat anda menanam pohon kelapa, tak mungkin hari ini menanam langsung besar dan langsung berbuah. Sebulan anda menanam pohon kelapa baru mulai tumbuh, dan untuk sampai berbuah maka diperlukan ketekunan merawat, selama kurang labih 5 tahun.Disamping itu hendaknya hadirkan sifat optimisme, yakni sikap yakin dengan bisnis yang digeluti. Pahami juga bahwasanya di dunia ini tidak ada yang instanst, semua memerlukan proses untuk menghasilkan sebagai mana yang dikehendakinya.

2. Persiapan Permodalan.

Ketika kita hendak membuka usaha, tentu tidak bisa diabaikan adalah permodalan. Untuk memulai usaha hendaknya tidak menunggu modal dalam jumlah tertentu, tetapi mulailah dengan modal yang sedikit-sedikit sembari terbuka peluang untuk memperbesar. Ketika anda membuka usaha dengan modal dalam jumlah besar tanpa diimbangi dengan pengetahuan dan pengalaman, maka akan mudah jatuh. Tetapi memulai usaha dengan modal sedikit sembari mempelajari berbagai peluang dan mencari pengalaman, memungkinkan anda akan berkembang pesat.

3. Pelajari Ilmu Bisnis.

Ilmu bisnis dan hal-hal lain tentang usaha adalah sangat penting, karena bagaimana mungkin anda akan membuka usaha kalau anda sama sekali tidak memiliki ilmu dasar tentang bisnis yang akan anda geluti?

4. Memilih bidang Usaha yang sesuai dengan Passion.

Dalam membuka usaha hendaknya disesuaikan dengan ilmu, hoby dan passion anda. Dengan memilih bisnis yang sesuai dengan passion maka anda akan menjalankannya dengan senang tanpa beban. Bahkan dengan cara ini anda dalam membentuk komunitas yang sesuai dengan passion anda. Anda dapat mengembangkan bisnis yang sejalan atau sesuai dengan bidang yang sedang digeluti.
Lokasi. Untuk membuka usaha yang memerlukan tempat atau lokasi seperti membuka toko, bengkel ataupun lainnya, hendaknya memilih lokasi yang strategis yakni yang banyak dengan aktifitas masyarakat, kantor, sekolah, ataupun perumahan.

5. Fokus pada satu Bidang Usaha.

Ketika anda memulai membuka usaha, hendaknya pusatkan seluruh potensi untuk menggeluti bisnis satu bidang usaha terlebih dahulu. Jika anda tidak fokus maka anda membuka peluang untuk gagal pada bidang yang sudah menyedot energi.

6. Berikan Pelayanan ektra.

Sebagai pemula yang membuka usaha tentu tidak serta merta banyak pelanggan yang berdatangan. Untuk itu, berikan pelayanan ekstra guna menjaring pelanggan. Anda juga dapat memberikan reward bagi para pelanggan setia.

7. Rekrut Karyawan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk memulai jenis usaha yang membutuhkan karyawan, hendaknya anda merekrut sesuai dengan kebutuhan dan carilah tenaga ahli yang akan menjadi daya tarik pagi para pelanggan.

Demikian tips untuk memulai membuka usaha, semoga bermanfaat bagi kita semua. Adalah sangat berterima kasih jika anda meninggalkan komentar dalam kolom yang disediakan.

Previous
Next Post »