Mengenal Email Marketing dan fungsinya Untuk Bisnis


Mengenal Email Marketing dan fungsinya Untuk Bisnis  Kali ini saya akan share postingan Mengenal Email Marketing dan Fungsinya Untuk Bisnis. Bisnis adalah rangkaian segala hal yang berhubungan dengan penjualan produk atau jasa.  Bisnis tanpa promosi tidak mungkin berjalan, bagaimana mungkin produk anda akan dibeli orang, kalau anda tidak melakukan promosi.

Dalam bisnis baik online maupun offline, promosi menempati posisi  yang sangat fital, tanpa promosi produk anda tidak akan dikenal, dan bagaimana mungkin costumer akan membeli barang yang tidak dikenal. dan pada akhirnya tanpa promoi bisnis anda akan gulung tikar. Untuk itulah wajib melakukan promosi dalam membangun bisnis anda.

Salah satu strategi promosi dalam bisnis baik bisnis online maupun bisnis konvensional, yaitu dengan adanya email marketing. Apakah Email Marketing?

Email Marketing adalah surat pesan elentronik  komersial  yang dikirimkan secara online kepada costumer yang berisi tentang penawaran produk atau jasa, Dalam menjalankan promosi dengan email marketing, dibutuhkan data list email sebagai pihak yang akan di kirim email oleh kita. Di berbagai negara maju seperti Amerika, Jepang, dan negara maju lainnya mekakukan penjualan dan penawaran produk dengan menggunakan email adalah hal yang sudah biasa dilakukan.

Email sesungguhnya merupakan surat yang biasa dilakukan, namun diterapkan dengan cara digital. Dengan demikian email membuat fungsi sangat personal atau privacy. Kali ini kita akan melihat sisi keuntungan dalam penggunaan serta manfaat email bagi bisnis online.

Tingkat kerahasiaan email sangat terjaga karena tidak ada alamat email yang sama. Dengan menggunakan email maka kerahasiaannya sangat terjaga sekali, Harus dipahami bahwa dengan perkembangan tehnologi maka kemungkinan kedepan perkembangan penggunnaan email akan sangat pesat lebih-lebih dengan mengetahui barbagai fasilitas yang disediakan oleh vendor jasa penyedia layanan email seperti yahoo. gmail, hotmail dan sebagaiya.

Dengan menggunakan email maka kita dapat berkirim pesan teks dan gambar bahkan kita dapat mengirimkan file foto, atau video dengan mudah. Dengan demikian kita tidak lagi harus mengirimkan hard copy dari file yang dibutuhkan.

Tingkat kecepatan penyampaian informasi dengan menggunakan email sangat tinggi sekali, dalam hitungan detik maka pesan akan dapat diakses oleh penerima. Berbeda dengan menggunkan pesan konvensional maka akan membutuhkan beberapa hari bahkan minggu. Dengan menggunakan email maka anda akan bebas untuk melakukan contumisasi atau pengaturan tata letak struktur gambar yang diinginkan. Dengan menggunakan email maka anda dapat mengirim pesan ribuan bahkan puliuhan ribu hanya dengan membutuhkan waktu yang relatif singkat.

Sebelum melakukan promosi lewat emil  marketing, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu,  yaitu :

1. Buatlah email

Untuk melakukan email marketing yang pertama harus dimiliki  adalah email, sebagai alat komunikasi anda di internet. Membuat email anda bisa gunakan layanan gratis, baik di Yahoo.com maupun Gmail.com

2. Autoresponder

Membuat autoresponder adalah sangat penting dalam menjalankan email marketing, sebab rangkaian kegiatan email marketing, akan sangat membantu jika menggunakan sistem autoresponder. Autorensponder berfungsi menampung email yang dijadikan list email yang akan kita kirimi email penawan produk kita, baik secara masal, maupun perorangan, secara periodik maaupun non periodik.
Dengan autoresponder anda dapat mengirimkan email marketing ratusan bahkan ribuan email secara bersamaan, tetapi jika tidak menggunakan autoresponder maka berapa lama waktu yang dibutuhkan.

3. Autorenponder ada yang free  dan juga ada yang berbayar.

4. Halaman Landing Page

Landing page adalah halaman yang berisi penawaran produk atau jasa, yang di dalamnya disediakan form yang berfungsi untuk menangkap email dari para pengunjung website. Email yang masuk dijadikan target pengiriman email penawaran produk kita.

5. Memprospek data list

Setelah semua dipersiapkan dengan baik, maka langkah berikutnya memprospek data list yang masuk. Para pengunjung blog yang mengisi form email kemudian melakukan submit, maka secara otomatis data email penunjung blog masuk ke dafta list kita. Setelah terkumpul, maka kita dapat melakukan pengiriman email marketing untuk penawaran produk atau jasa kita.

Simak artikel :
Demikian artikel sederhana tentang Mengenal Email Marketing dan fungsinya Untuk Bisnis , semoga membari manfaat bagi kita.

Previous
Next Post »