Tips Amankan akun Medsos Anda dari Serangan Hacker


Tips Amankan akun Medsos Anda dari Serangan Hacker >> Siapa yang tidak kesal ketika akun medsos miliknya kena serangan hacker ? Jawabannya pasti semua kesal, lebih-lebih akun yang kena hacker merupakan akun bisnis milik kita, yang kita bangun susah payah, baik melalui dunia offline maupun online, dengan pengorbanan waktu dan tenaga yang tidak sedikit.

Untuk menghindari hal tersebut hendaknya anda menjaga keamanan akun lebih diperhatikan, karena dengan meningkatnya pengguna layanan internet maka semakin banyak kemungkinan-kemungkinan serangan hacker, terlebih lagi tidak diimbangi dengan pemahaman yang mendalam tentang dunia internet. Sementara disisi lain orang cenderung tidak memperhatikan sama sekali terhadap keamanan akun, padahal kemungkinan serangan hacker terhadap akun anda mengancam.

Apa yang dimaksud dengan Hacker ?

Sebelum pembahasan lebih melebar ada baiknya saya jelaskan tentang hacker. Hacker atau dalam bahasa kita dikenal dengan nama Peretas, dalam bahasa Inggris hacker, yaitu  orang yang mempelajari, menganalisis, bahkan memodifikasi,yang kemudian  menerobos ke dalam sistem yang terdapat dalam sebuah perangkat lunak komputer dan jaringan komputer, baik untuk keuntungan atau dimotivasi oleh tantangan.

Asal muasal istilah  peretas muncul pada awal tahun 1960-an ketika mahasiswa Tech Model Railroad Club di Laboratorium Kecerdasan Artifisial Massachusetts Institute of Technology (MIT). Para mahasiswa tersebut melakukan  perintis perkembangan teknologi komputer dan mereka berkutat dengan sejumlah komputer mainframe.

Kata "hacker" pertama kali di gunakan untuk menyebut salah seorang anggota mahasiswa  yang memiliki keahliah menyempurnakan program komputer yang dibuat secara bersama. Namun kemudian tahun l983 istilah hacker berkembang berkonotasi negatif.

Pasalnya, pada tahun yang sama untuk pertama kalinya FBI menangkap kelompok kriminal komputer The 414 yang berbasis di Milwaukee, Amerika Serikat. istilah 414 merupakan kode area lokal mereka. Kemudian kelompok ini disebut hacker dinyatakan bersalah atas pembobolan 60 buah komputer.

Sistem Kerja Hacker

Hacker adalah  seseorang yang memiliki keahlian dan  mengerti sebuah sistem, paham  bagaimana caranya sebuah  sistem tersebut bekerja, dan mengetahui jawaban dari pertanyaan seperti ini : ” Jika melakukan tindakan untuk  menambahkan, mengedit, atau menghapus bagian ….. , maka pasti akan terjadi ….. "

Mereka merupakan kelompok orang yang mengerti konsep dan logika pemograman, paham dengan  hubungan sebab akibat dalam sistem yang dibuat, mengetahui dengan pasti bagian-bagian penting, dan mengerti apa yang harus diperbuat untuk membuat sistem tersebut sebagai mana yang dikenendaki atau menghancurkan sistem.

Sesungguhnya mengupas tentang hacker dalam hubungannya dengan akun medsos kita, kurang relevaan, karena yang dinamakan serangan hacker terhadap sistem pemograman sebuah website yang mempunyai kepentingan lebih besar, misal kepentingan money, pertahanan, atau hal lain yang menyangkut persaingan. Namun bagi kita sebagai penggguna layanan internet layak mengetahui berbagai hal ihwal dunia internet.

Keseimbangan dengan berbagai layanan yang ditawarkan untuk kemudahan pengguna internet, semestinya diimbangi juga dengan layanan keamanan dan kenyaman pengguna internat. Namun dengan keadaan ini tentu kita harus mewaspadai diri agar kita lebih nyaman menggunakan sistem kerja komputer.

Ada beberapa tips keamanan akun anda yaitu :

1. Tidak Menyimpan data akun di browser. 

Sudah biasa setiap kali kita masuk ke akun medsos baik facebook, twitter atau lainnya tiba-tiba dilayar komputer menampilkan tawaran untuk menyimpan password di komputer ini? begitulah kira-kira jendela yang muncul. Apabila anda sedang menggunakan perangkat umum seperti di warnet maka hendaknya anda lanngsung tutup jendela tersebut, karena hal tersebut akan mengakibatkan akun anda kena serangan hacker.

 Dengan cara ini anda mengindari serangan hacker pada akun medsos milik anda. Dengan tidak menyimpan data akun pada broswer, menghindarkan diri dari kemungkinan terjadinya kehilangan atau pencurian perangkat yang kemudian dengan dapat mudah masuk ke dalam akun anda, yang dengan mudah dapat mencuri data akun anda. Pada gilirannya data email anda dapat dimanfaatkan untuk melakukan kejahatan penipuan dan atau dapat digunakan untuk mengakses internet banking yang pada akhirnya akan merugikan anda sendiri. Biasakan untuk selalu login secara manual, dan tidak mengambil opsin login otomatis ketika anda melakukan broswer.

2. Pilih Password yang Kompleks

Semua orang tidak mau dihadapkan dengan yang ribet, begitu juga dengan password yang anda buat, selalu menginginkan yang simpel-simpel. Bahkan terkadang kita menggunakan satu password untuk beberapa akun milik kita, mulai facebook, twitter, tumblr, ataupun yang lainnya. Hal ini sangat disayangkan, karena jika satu akun anda kena serangan hacker maka seluruh akun anda akan dibobol juga. Dengan memilik akun yang berbeda setiap akun akan meminimalisasi serangan hacker terhadap akun medsos anda.

Dalam menggunakan pssword hendaklah gunakan password yang kompleks yaitu kombinasi antara huruf, angka dan simbol, misalnya (12345*#oke)

3. Kunjungi Website yang dengan yakin alamat webnya. 

Tips berikutnya adalah kunjungi website dengan yakin amalat webnya  maksudnya ketika anda akan berkunjung ke akun medsos misalnya facebook, hendaknya dipastikan dengan alamat www.facebook.com atau log in ke twitter, maka hendaknya yakin alamatnya www.twitter.com. karena sekarang muncul aksi hacking dengan nama website phising, yaitu tindakan mencuri data username dan password dengan mengarahkan sasarannya kepada website palsu, sehingga memberikan username, dan password.

Pishing adalah merupakan tindakan yang bertujuan untuk mencuri data pribadi termasuk didalamnya username dan password dengan cara mengarahkan pengguna layanan internet menuju pada situs palsu atau situs yang pasang dengan aplikasi untuk mencuri data.
Aplikasi tersebut biasanya secara tidak sengaja trdownload yang kemudian memungkinkan membawa malware atau program untuk mencuri data, yang tidak menutup kemungkinan dapat merusak perangkat online anda.

Oleh karenanya  anda harus sangat memperhatikan  apakah website tersebut benar benar website yang ingin anda tuju atau tidak, misal ada website tiruan dari Facebook dengan alamat www.facebbok.com (perhatikan tiap hurufnya) atau yang mirip dengan itu. Jika penulisan alamatnya tidak benar-benar tepat, alamat situs Facebook harusnya www.facebook.com, maka jangan sekali sekali memasukkan data online anda, bisa jadi itu merupakan jebakan phising.

Tetap waspada dan tidak memberikan data online anda sembarang merupakan kunci dari keamanan akun anda saat menjelajahi internet. Terkadang orang akan menyepelekan hal tersebut, namun kita tidak pernah tahu apa yang bisa dilakukan oleh seorang hacker dalam memanfaatkan data yang mereka curi. Dan dengan memperhatikan hal-hal sederhana tersebut anda sudah bisa menghindarkan diri dari serangan hacker.

Baca artikel terkait : 8 Media Sosial yang Terpopuler 

Demikian artikel sederhana tentang Tips Amankan akun Medsos Anda dari Serangan Hacker, semoga memberikan solusi untuk mengamankan akun medsos anda.


Previous
Next Post »