10 Cara SEO untuk Website



10 Cara SEO untuk Website >>  Ketika anda sudah behasil membuat website, maka anda berharap mendapat trafik yang datang ke blog anda. Terlepas dari apa yang menjadi maksud anda membuat website, namun anda sangat berharap mendapatkan kunjungan trafik. Untuk itu diperlukan langkah optimasi seo blog agar blog anda berada pada posisi atas pada mesin pencari/ search engine, sehingga dengan mudah para pengguna menemukan alamat url website anda.

Sungguh tidaklah memberikan manfaat, jika website anda tidak mempunyai trafik, walaupun website yang anda bangun mempunyai tampilan yang hebat, dengan memakai themplate premium yang mahal, atau anda menulis artikel dengan menyajikan gagasan besar, namun jika tidak ada yang membaca, karena tidak ada pengunjung jelas tidak memberikan manfaat yang maksimal.

Bagi pemula memang SEO misterius.... sepertinya sangat penting namun tak tahu apa itu SEO. Menurut wikipedia yang disebut SEO adalah Search Engine Optimization, (SEO) adalah merupakan serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik  kunjungan melalui mesin pencari  menuju website atau situs tertentu dengan memanfaatkan  mekanisme kerja mesin pencari tersebut.

Adapun tujuannya adalah menempatkan sebuah situs website atau situs  pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs website atau situs  yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung atau trafik.

Jika anda membangun website atau blog dan menghendaki untuk terkenal atau banyak pengunjungnya maka salah satu strategi yang sangat efektif adalah dengan menggunakan SEO untuk masuk ke rank tinggi di dalam mesin pencarian google. Bila website atau blog anda menempati rank yang tinggi misalnya 10 besar hasil pencarian google dengan kata kunci yang anda bidik, maka kemungkinan website anda akan mendapatkan pengunjung. Tehnik ini merupakan tehnik yang sangat efektif agar website atau blog anda semakin terkenal.

Untuk menjadikan website atau blog anda berhasil masuk dalam rank tinggi bukanlah merupakan pekerjaan yang mudah, dan kata para mastah juga bukan merupakan hal yang sulit, namun perlu kejelian dalam usaha SOE untuk website. Kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara Seo untuk website.

Menempati posisi teratas antara rank 1 sampai 5  dari hasil pencarian search engine akan meningkatkan peluang bisnis anda yang  berbasis website untuk mendapatkan costumer baru. Hal ini mendorong  para marketer untuk Peluang ini dimanfaatkan sejumlah pihak untuk melakukan penawaran jasa optimasi, kepada bisnis yang berbasis website.

Pentingkah SEO untuk Website ?

Sejak adanya mesin pencarian baik google, yahoo atau bing, orang melakukan pencarian dengan mengetikan kata kunci,  dan dari hasil pencarian maka jika menempati posisi teratas akan meningkatkan peluang untuk mendapatkan kunjungan. Dari data yang dipublikasikan oleh Google, website yang menempati peringkat pertama sampai ketiga mendapatkan total klik kumulatif sebesar lebih dari 50%, peringkat pertama sendiri mendapatkan lebih dari 20%.

Hal ini berarti  betapa pentingnya SEO untuk website atau situs  anda, dengan adanya SEO anda bisa mendapatkan banyak pengunjung hingga puluhan ribu pengunjung per hari.Kecuali itu para pengunjung dari mesin pencari merupakan orang yang membutuhkan  informasi dan ingin membeli produk. sekiraanya anda mempunyai bisnis online, dan menempati pada posisi teratas maka akan memiliki tingkat konversi (conversion rate) yang jauh lebih besar.Ada beberapa usaha yang dilakukan untuk SEO sebuah website atau situs yakni

1. Menentukan Niche blog atau topik blog. Sebelum anda membuat blog, maka langkah pertama adalah menentukan niche blog atau topik blog. Anda dapat menentukan topik utama yang akan diusung, yang dapat dijadikan judul blog, kemudian akan dijabarkan dalam diskripsi blog.

2. Melakukan survey keyword dengan potensi hasil pencarian yang lebih tinggi dengan memperhatikan kopetisi yang rendah atau sedang. Adalah sebuah keharusan untuk melakukan survey kata kunci agar memperoleh hasil kata kunci yang banyak dicari oleh para pengguna. Jika anda membangun website atau blog tanpa melakukan survey kata kunci, anda akan sangat kesulitan menghadirkan pengunjung ke website anda. Untuk melakukan riset kata kunci anda dapat menggunakan fasilitas google adwords : keyword tool, yang anda dapat mengaksesnya secara gratis.

3. Proses Internal (On Site SEO), yaitu proses yang dilakukan mulai dari pembuatan website atau situs dengan struktur hasil keyword research, pemilihan dan pemasangan  theme WordPress yang teroptimisasi dengan baik,penempatan elemen SEO seperti title tag, header tag, dan lain-lain yang berkaitan dengan keyword utama pada situs.

4. Domain dengan menggunakan Kata Kunci. Dengan cara ini akan sangat membantu mensin pencari untuk menemukan kata kunci yang dicari oleh para pengguna. Memang menggunakan kata kunci untuk membidik rank tinggi di mesin penari bukanlah satu-satu strategi yang dapat anda gunakan, namun pengalaman saya telah membuktikan bahwa penggunaan kata kunci untuk domain sangat efektif membuat website anda berjaya di rank atas.

5. Hendaknya melakukan postingan yang  relevan. Buatlah postingan secara berkala yang relevan, orisinal dan memberikan manfaat bagi para pengguna.

6. Gunakan Plugins SEO. Jika anda menggunakan platform Wordpress maka anda akan sangat mudah melakukan Seo dengan menginstall plugin khusus untuk SEO seperti  All In One SEO Pack, Google XML Sitemaps, Yoast WP SEO atau SEO Friendly Images.

7. Lakukan SEO ONPAGE seperti melakukan langkah mengoptimalkan penggunaan keyword/ kata kunci pada bagian Meta Title, Meta Deskripsi, dan yang lainnya.

7. Gunakan Permalink yang baik. Untuk meningkatkan keefektifan dalam Seo anda dituntut untuk melakukan permalink dengan baik yakni berisi judul dari postingan yang relevan.

8. Konten berkualitas Tinggi. Adalah sebuah keharusan jika anda menghendaki website atau blognya merajai di mesin pencarian adalah menyusun konten yang berkwalitas tinggi. Yakni pembahasan dalam konten secara tuntas, dan original dengan jumlah kata tidak kurang dari 700 kata. Disamping itu hendaknya konten yang unik dan menarik sehingga postingan anda selalu dinanti oleh pengunjung setia website anda.

9. Lakukan SEO OFFPAGE yakni dengan membangun backlink, blogwalking, dan submit ke social bookmark. Hal yang harus diperhatikan dalam membangun backlinks adalah membangun backlinks secara natural dan berkualitas, Karena ini merupakan salah satu kunci keberhasilan dalam melakukan usaha Seo untuk website anda. Anda dapat melakukannya secara fokus dan terus-menerus agar dapat menghasilkan seo yang baik.

10. Media Sosial. Menggunakan media sosial dalam usaha untuk SEO adalah hal yang sangat penting, karena hari ini dan kedepan bahwa media sosial sangat digandrungi oleh para pengguna. Untuk memanfaatkan ini maka anda dapat mengundang mereka untuk mengunjungi website atau blog anda.

Itulah Cara Seo untuk Website, langkah di atas adalah strategy untuk memaksimalkan SEO sebuah website dan wajib diterapkan bila anda ingin mendapat perhatian dari search engine, terutama google. Bila anda tidak dapat melakukan hal di atas atau tidak memiliki waktu untuk mengerjakannya, sebaiknya anda menyewa seorang webmaster yang mengerti tentang SEO.
Previous
Next Post »